Kebun Binatang Medan, Tempat Rekreasi & Sarana Edukasi untuk Liburan Keluarga

Kebun Binatang Medan, Tempat Rekreasi & Sarana Edukasi untuk Liburan Keluarga
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bunga Rampai IV, Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kebun Binatang Medan juga memiliki nama lain Pusat Konservasi Taman Marga Satwa. Merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah daerah yang dikelola oleh PD Pembangunan Pemerintah Medan. Kebun binatang ini sendiri dibuka pada tanggal 14 April 2005, diresmikan oleh Bapak Abdillah yang merupakan Walikota Medan.

Luas dari kebun binatang ini mencapai 30 hektar, sehingga untuk mencapai kandang binatang satu ke kandang lainnya harus menempuh jarak hingga 1 kilometer. Terdapat banyak pepohonan rindang, bahkan juga mengalir sungai kecil yang seperti membelah kebun binatang. Keasriannya ini membuat para pengunjung tidak akan terasa lelah meski berjalan cukup jauh.

Sebelumnya, kebun binatang ini sendiri merupakan perpindahan kebun binatang lama yang berada di daerah Medan Maimun. Dengan bertambahnya koleksi hewan, pemerintah membutuhkan lahan yang lebih luas sehingga juga akan membantu kegiatan operasional. Akhirnya kebun binatang dipindahkan ke Simalingkar B yang sebagian masih menggunakan kandang dan peralatan lama.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Medan

Daya Tarik Kebun Binatang Medan
Image Credit: Google Maps Cut Shanaz Dhiya Shafira

Sebagai tempat liburan keluarga yang murah meriah, Kebun Binatang Medan memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran jika destinasi wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, terutama saat musim liburan. Kebun binatang bukan hanya sebagai tempat yang menyenangkan untuk berlibur, namun juga memberikan edukasi terutama kepada anak-anak.

1. Koleksi Hewan

Taman marga satwa ini memiliki koleksi yang menarik dan cukup banyak jenisnya. Jumlah hewan yang ada di sini juga banyak. Ada sekitar 26 jenis burung, totalnya 167 ekor. Sedangkan reptil ada 6 jenis sebanyak 37 ekor dan 16 jenis mamalia sebanyak 70 ekor. Seluruh hewan yang menghuni kebun binatang ini sebanyak 274 ekor hewan.

Ada beberapa hewan yang memang cukup banyak ditemukan di Medan. Misalnya adalah Buaya Sengulong di mana terdapat penangkaran buaya tidak jauh dari lokasi wisata ini, hanya berkisar 5 kilometer saja. Harimau Sumatra yang berjumlah 11 ekor di kebun binatang ini juga masih cukup mudah untuk ditemukan di hutan-hutan Sumatra.

Sementara itu, hewan-hewan yang langka juga ada, salah satunya adalah benggala putih. Jenis ini sangat langka sehingga perlu sekali dijaga dan dilindungi agar tidak punah. Hewan-hewan yang cukup buas ini tidak boleh didekati oleh pengunjung karena berbahaya. Namun ada beberapa hewan jinak seperti rusa di mana pengunjung boleh mendekat dan bahkan memberi makanan.

2. Tempat yang Luas dan Asri

Kawasan kebun binatang ini sangat luas, karenanya pengunjung dapat leluasa menghabiskan waktu berjalan-jalan dan berkeliling kebun binatang. Satu kandang hewan menuju kandang hewan yang lain memang harus menempuh jarak yang cukup jauh, namun pengunjung tidak akan merasa lelah karena seluruh perhatian akan tercuri pada hewan-hewan yang menarik.

Selain itu, kebun binatang ini juga sangat asri. Ada banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di kanan kiri. Dengan adanya pepohonan ini membuat kawasan kebun binatang menjadi teduh dan rindang. Meskipun datang pada siang hari, panas matahari tidak akan terlalu menyengat. Ditambah juga dengan adanya sungai kecil yang membuat suasana menjadi lebih alami.

3. Wahana Lain

Tidak hanya binatang saja, di Kebun Binatang Medan juga wahana-wahana lain yang sangat seru untuk menghabiskan liburan. Sebagai tempat liburan untuk keluarga, kebun binatang ini menyediakan taman bermain dengan berbagai permainan menyenangkan. Tersedia juga bebek air dan juga permainan mobil-mobilan yang dapat disewa oleh pengunjung.

Ada juga penyewaan ATV jika pengunjung ingin merasakan tantangan dengan berkendara di hutan yang memiliki track dengan jalur yang berbukit-bukit. Permainan paint ball juga tersedia sebagai permainan yang dapat dilakukan dengan teman atau keluarga. Wahana lainnya berupa outbond dan camping ground yang banyak menarik pengunjung untuk merasakan kegiatan luar ruangan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Kebun Binatang Medan
Image Credit: Google Maps nuries shobakh

Kebun Binatang Medan berada di Jl. Bunga Rampe IV yang masih masuk di Kelurahan Simalingkir B, Medan Tuntungan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Jalanan mudah diakses, namun sepi karena lokasinya berada di pinggiran kota. Tidak tersedia juga angkutan umum seperti angkot untuk menuju ke sana.

Rute menuju lokasi, jika berada di Kota Medan dengan menggunakan Jl. A. H. Nasution menuju fly over Jamin Ginting. Sebelum sampai fly over, akan ada perempatan di Jl. Pintu Air IV yang di sebelah kiri sudah ada petunjuk menuju kebun binatang. Anda hanya perlu mengikuti Jl. Pintu Air IV untuk dapat sampai ke lokasi. Anda juga akan dipermudah dengan petunjuk jalan yang ada.

Kebun binatang ini buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 17.00. Untuk harga tiket masuk sendiri, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang. Untuk anak-anak dari usia 1 hingga 3 tahun tidak dipungut biaya tiket masuk. Sedang untuk parkir, jika Anda menggunakan kendaraan roda dua membayar Rp 2.000, sedangkan untuk mobil Rp 4.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang

Kegiatan Menarik Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps Yunita Situmorang

Ada banyak sekali yang dapat dilakukan pengunjung di Kebun Binatang Medan. Tidak hanya melihat-lihat koleksi binatang saja, Anda juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan menarik lainnya. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga jika mengunjungi destinasi wisata ini.

1. Memberi Makan Binatang

Anda dapat memberikan makan kepada beberapa hewan jinak seperti rusa yang akan datang ketika ada pengunjung memberikan makanan. Kegiatan ini selain menyenangkan juga dapat mengajarkan anak-anak untuk lebih mencintai dan peduli terhadap binatang. Dengan kegiatan ini, anak-anak akan teredukasi serta mendapatkan pengalaman baru yang seru.

2. Naik Gajah

Kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh pengunjung dan tentu sangat menyenangkan. Untuk dapat menaiki gajah, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Hanya dengan Rp 5.000 saja Anda dapat mengendarai gajah sejauh 50 meter, sementara dengan Rp 15.000 dapat menempuh jarak 100 meter dan meminta pawang untuk mengambil gambar.

Jika belum puas dengan jarak yang dekat, Anda juga bisa menyewa gajah sepuasnya hanya dengan Rp 200.000 saja. Anda dapat berkeliling kebun binatang di atas hewan besar ini. Satu gajah sendiri dapat dinaiki 2 orang dewasa dan 4 orang anak-anak. Nantinya akan ada pawang yang memandu dan mendampingi Anda.

Kegiatan Menarik di Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps alfisyahrin ariyo

3. Memegang Ular

Selain berinteraksi dengan gajah, Anda juga dapat mencoba untuk berinteraksi dengan ular di Kebun Binatang Medan. Tentu saja ular yang boleh Anda pegang adalah ular yang tidak berbisa seperti phyton sehingga cukup aman. Selain itu juga ada pawang yang akan mendampingi serta membantu Anda untuk mengambil gambar agar tidak melewatkan moment yang menyenangkan ini.

4. Mencoba Berbagai Wahana

Ada banyak wahana yang akan sangat menarik dicoba dengan keluarga. Misalnya permainan yang cukup bersahabat seperti bebek air atau mobil-mobilan. Jika ingin sedikit lebih menantang, maka dapat mencoba menyewa ATV untuk berkeliling ke hutan dengan jalur yang cukup untuk memacu rasa adrenalin Anda.

Selain itu, ada juga wahana outbond yang pasti juga sangat menyenangkan. Anda dapat mencoba flying fox dan permainan luar ruangan lainnya. Anda juga dapat bermalam dengan berkemah karena memang sudah disediakan camping ground. Dengan begitu Anda dapat merasakan keseruan tidur di alam.

4. Rekreasi

Kebun Binatang ini juga menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk rekreasi bersama keluarga. Anda dapat berkumpul sambil menikmati pepohonan rindang di sekitar. Di kawasan ini memang banyak sekali rerumputan untuk duduk dan bersantai. Anda juga bisa menyewa tikar dengan harga Rp 10.000 agar lebih nyaman duduk di atas rerumputan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps Elsa Chanel

Sebagai destinasi liburan untuk keluarga, taman marga satwa ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat lahan parkir yang cukup luas sehingga dapat menampung mobil maupun motor. Selain itu, ada petugas keamanan sehingga kendaraan pengunjung lebih aman. Toilet umum juga tersedia untuk pengunjung. Serta ada musala untuk menunaikan ibadah.

Jika ingin mengisi perut, Anda juga dapat menemukan food court yang menyediakan makanan dan minuman. Toko souvenir juga ada sehingga Anda dapat membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Toko souvenir di kebun binatang ini menyediakan berbagai pernak-pernik yang menarik untuk Anda beli.

Selain menawarkan berbagai koleksi binatang, pengunjung juga dapat mencoba wahana lain yang disediakan. Tersedia taman bermain yang dapat digunakan oleh anak-anak, serta flying fox yang sangat seru untuk dicoba. Sementara itu, jika Anda datang dari luar kota, Anda juga dapat menemukan penginapan untuk bermalam tidak jauh dari lokasi kebun binatang.

Kebun Binatang Medan dapat menjadi alternatif liburan keluarga. Selain menyenangkan, destinasi wisata ini juga dapat menjadi tempat edukasi anak-anak mengenai berbagai macam binatang dan pentingnya menjaga satwa langka agar tidak punah. Liburan Anda juga akan semakin menarik karena adanya wahana seru yang dapat Anda coba.