Lampung

15 Tempat Wisata di Lampung Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Lampung Timur, Provinsi Lampung. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Wilayah Lampung Timur memiliki luas sekitar 5.300 km2. Dengan wilayah yang sangat luas ini, dareah ini kaya akan pesona alam yang sangat indah. Tidak heran jika Lampung Timur memiliki semboyan “Bumei Tuwah Berpandan” yang artinya wilayah akan makmur dan sejahtera jika segala keputusan dilakukan dengan cara musyawarah menunju mufakat. Secara teritori, wilayah Lampung Timur beribukota di Sukadana.

Lampung Timur memiliki potensi wisata yang sangat banyak dan beragam. Tidak hanya berupa keindahan alam namun juga beberapa situs sejarah dan penangkaran modern menjadi sebuah objek wisata yang asik dan menyenangkan. Anda tidak hanya akan dimanjakan dengan beragam hiburan namun juga wawasan kehidupan yang berbeda. Sambil liburan, bisa juga sekaligus belajar dan meresapi lingkungan untuk hidup yang lebih baik.

Berikut 15 tempat wisata di Lampung Timur yang akan membuat Anda terkesan dan paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Danau Way Jepara

Danau Way Jepara

Image Credit: Hasabizone.blogspot.com

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Way Jepara. Pesonanya yang damai dan airnya yang hijau memberikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjung. Belum lagi beberapa pohon hijau yang ada di sekitar danau sangat asri dan terawat.

Anda tidak akan bosan berada lama di danau ini karena banyak kuliner yang menggoda. Jadi, sekalian bersantai sekalian juga isi perut bukan. Jaraknya 70 km dari arah Bandar Lampung. Bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Hutan dan kebun yang ada di sekitar danau juga bisa dijadikan lokasi yang asik untuk jalan-jalan.

Lokasi: Jl. Simpang Danau, Sumberjo, Kec. Way Jepara, Kab. Lampung Timur.

2. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Image Credit: Twitter.com @Lampungtimuryay

Destinasi wisata yang satu ini tidak kalah menarik dengan Danau Way Jepara. Banyak spot menarik untuk berfoto sambil menghabiskan waktu. Di sana, Anda dapat melihat laut dari kejauhan dari beberapa gazebo yang sudah disediakan. Suasananya jauh berbeda saat melihat dari pantai. Karena lebih teduh dan angin sejuk, tidak kencang seperti di pantai. Jika Anda membawa camilan dan beberapa minuman tentu akan lebih semarak lagi.

Sebenarnya di sekitar hutan sudah ada penjual makanan dan minuman hanya saja jaraknya agak jauh dari lokasi berteduh sehingga suasana akan menjadi berbeda. Terutama menu yang ditawarkan berupa makanan berat seperti soto, bakso dan mie.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pesawaran Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sriminosari, Kec. Labuhan Maringgai, Kab. Lampung Timur.

3. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Image Credit: Wisataalamlampung.wordpress.com

Objek wisata yang satu ini menyajikan beragam keindahan tentang masa lalu. Banyak benda bersejarah yang ada di situs purbakala ini terutama beberapa benda yang sudah menjadi batu. Tidak heran jika wisata yang satu menjadi situs arkeolog yang terbesar di Lampung Timur.

Di taman ini terdapat beberapa spot khusus yang menawarkan atmosfer tersendiri bagi pengunjung. Terutama bagi mereka yang suka akan sejarah. Tentu mata dan telinga tidak akan berhenti bergerak. Namun ada baiknya jika Anda memperhatikan tata tertib yang ada di Taman Purbakala ini karena ada beberapa benda tertentu yang tidak boleh disentuh sembarangan.

Lokasi: Pugung Raharjo, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur.

4. Kolam Megalitikum

Kolam Megalitikum

Image Credit: Ijilampung.com

Kolam ini masih satu wilayah dengan Taman Purbakala Pugung Raharjo. Konon, dulunya kolam ini dijadikan sumber mata air bagi penduduk purbakala. Tidak heran jika sampai sekarang tempat ini cukup dikeramatkan. Airnya yang jernih namun terlihat agak hijau ini memiliki cerita mistis tersendiri yang diyakini penduduk lokal.

Lokasi: Pugung Raharjo, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur.

5. Sumur Tujuh

Sumur Tujuh

Image Credit: Steemit.com

Sebuah taman yang luas dengan sumur di beberapa lokasi sejumlah 7 titik. Disebut sumur karena tiap kali mengambil air tidak pernah akan kering meski pada musim kemarau. Karena itulah kolam ini kemudian dijadikan sebagai salah satu objek wisata oleh pemerintah lokal.

Tempatnya yang indah dan asri membuat semua orang betah berada lama di tempat ini. Cobalah untuk mencuci tangan atau membasuh wajah di kolam ini karena akan memberikan kesegaran tersendiri. Lokasinya cukup dekat dengan kompleks perkantoran pemkab Lampung Timur yakni sekitar 22 km saja. Anda dapat sampai di kolam ini hanya dalam waktu 30 menit saja.

Lokasi: Sukarajatiga, Kec. Margatiga, Kab. Lampung Timur.

6. Islamic Center Sukadana

Islamic Center Sukadana

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Wisata religi yang akan membuat Anda lebih sejuk dan damai. Di tempat ini terdapat masjid yang sangat besar dan luas. Bangunan masjid tersebut juga penuh dengan arsitek yang mengagumkan. Setidaknya ada 7 kubah kecil yang ada di sekitar kubah besar secara berkeliling.

Dilihat dari sudut manapun tetap saja indah dan mengagumkan. Banyak pengunjung yang merekam masjid ini secara digital. Sebagian lagi memilih untuk selfie atau foto bersama.

Lokasi: Muara Jaya, Kec. Sukadana, Kab. Lampung Timur.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lampung Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Taman Sukadana

Taman Sukadana

Image Credit: Sukadanapost.com

Taman ini dikelola oleh pengurus Islamic Center karena lokasinya yang masih satu kompleks. Di taman ini, Anda dapat bersantai sambil menikmati pohon dan bunga yang asri. Jika Anda beruntung maka akan bertemu dengan pedagang lokal yang menjajakan makanan di sekitar masjid. Usai makan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan agar lingkungan tetap asri dan terjaga.

Lokasi: Muara Jaya, Kec. Sukadana, Kab. Lampung Timur.

8. Pantai Kuala Kambas

Pantai Kuala Kambas

Image Credit: Malahayati.ac.id

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan beragam pemandangan yang tidak biasa. Sebuah pantai dengan pasir putih yang agak kecoklatan ini tetap memberikan air yang jernih dan kebiruan. Banyak pengunjung yang suka ke pantai ini karena suasanya yang berbeda. Cobalah untuk berjalan di sekitar pantai kemudian bermain pasir dan ombak bersama orang tersayang, tentu akan lebih menyenangkan.

Lokasi: Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur.

9. Pantai Kuala Penet

Pantai Kuala Penet

Image Credit: Wisatasia.com

Pasir putih dan air laut yang jernih membuat suasana di pantai Kuala Penet menjadi sangat indah. Ditambah dengan pemandangan hijau dan bebatuan di sekitar pantai tentu akan sangat menarik. Fasilitas yang ada di tempat ini juga cukup lengkap dan memadai. Jika Anda suka dengan ombak yang bergulir maka pantai ini sangat cocok dan pas.

Lokasi: Margasari, Kec. Labuhan Maringgai, Kab. Lampung Timut.

10. Pantai Kerang Mas

Pantai Kerang Mas

Image Credit: Aariabodpk.blogspot.com

Sebuah pantai unik dengan pemandangan yang menarik. Dapat dikatakan pantai ini memiliki daratan yang agak sempit. Berbeda dari kebanyak pantai yang di Lampung Timur, justru pembuatan gazebo hanya berjarak beberapa langkah saja dari air. Sebenarnya ini dapat dijadikan sebagai penanda bahwa ombak yang ada di pantai ini tidak besar. Cocok mengajak anak dan balita karena ombaknya yang ramah. Bila lelah, Anda bisa duduk di sebuah gazebo yang sudah disediakan. Sangat luas dan aman.

Lokasi: Kampung Sero, Muara Gading MAS, Kec. Labuhan Maringgai, Kab. Lampung Timur.

11. Camp Eru

Camp Eru

Image Credit: Duniaindra.com

Objek wisata yang satu ini dikelola secara modern meski dengan prinsip yang tetap tradisional. Camp Eru adalah singkatan dari sebuah gerakan Elephant Respont Unit untuk menyelamatkan gajah dari serangan manusia. Kita semua tahu bahwa gajah memiliki gading yang sangat mahal. Untuk itu kelestariannya harus dijaga agar tidak punah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Wilayah perkemahan ini dikelola oleh POKDARWIS yakni singkatan dari kelompok sadar wisata. Sambil berkemah, Anda dapat melihat atraksi dan pertunjukan gajah dan pawangnya. Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.

Lokasi: Tanjung Tirto, Kec. Way Bungur, Kab. Lampung Timur.

12. Batu Tanjung Bintang

Batu Tanjung Bintang

Image Credit: Travelerien.com

Sebuah batu besar dari bahan granit ini menjadi incaran tersendiri dari para pelancong. Pasalnya, untuk mencari batu ini tidaklah mudah, Anda harus melewati rute yang panjang. Tinggi batu ini bisa mencapai 12 meter, jika Anda beruntung maka bisa naik di atas batu kemudian melihat pemandangan bukit dan padang rumput yang luas.

Lokasi: Jl. Tanjung Bintang Raya, Jati Indah, Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan.

13. Museum Budaya Lampung Timur

Museum Budaya Lampung Timur

Image Credit: Aferiyansyah29.blogspot.com

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung Timur namun belum mengintip museum budayanya. Pasalnya, di museum ini terdapat beberapa peninggalan sejarah yang sangat langka. Tidak hanya berupa alat makan atau alat masak pada zaman dulu, namun peninggalan senjata kerajaan juga masih ada. Biasnya, museum ini buka setiap hari dengan jam kunjung dari pukul 08.00- 15.00 WIB.

Lokasi: Pasar Sukadana, Kec. Sukadana, Kab. Lampung Timur.

14. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Image Credit: Batiqa.com

Destinasi wisata yang satu ini sangat indah dan menarik. Lokasinya yang hanya berjarak 15 km saja dari Danau Way Kambas menjadi sangat mudah untuk dijangkau. Cukup menyenangkan juga jika memiliki rute perjalanan yang padat dan seru. Di taman ini Anda dapat menemukan kebun buah dan bunga. Jika Anda beruntung maka buah tersebut bisa Anda icip namun tidak boleh dipetik untuk dibawa pulang. Ada juga beberapa tempat duduk yang bisa Anda gunakan.

Lokasi: Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur.

15. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Image Credit: Berugaqelen2010.wordpress.com

Letak pantai ini cukup dekat dengan Islamic Center, tentu akan menjadi pengalaman tersendiri jika dapat berkunjung ke pantai ini. Karena pemandangan yang ditawarkan mirip dengan Pantai Kerang Mas. Terdapat beberapa gazebo agar pengunjung dapat duduk sambil menikmati suasana pantai yang semilir. Usai melakukan wisata religi tentu hati akan semakin tenang jika melakukan perjalanan ke pantai ini bersama rombongan.

Lokasi: Bandar Negeri, Kec. labuhan maringgai, Kab. Lampung Timur.

Itulah 15 tempat wisata di Lampung Timur yang dapat dijadikan referensi liburan Anda. Berjalan sambil liburan bisa menjadi pengalaman baru yang berbeda. Jenuh dengan lingkungan tidak harus Anda keluar dan pergi meninggalkan. Cukup rehat sejenak ke suatu tempat yang nyaman agar otak dan badan kembali rileks saat melakukan pekerjaan kembali. Bagaimana? Sudah ada gambaran untuk liburan ke Lampung Timur? Rencanakan mulai sekarang agar saat tiba liburan semua sudah tinggal berangkat.